Tuesday, February 14, 2012

Kisi-kisi dan Soal Ujian Tulis Sertifikasi Guru 2012

Mulai tahun 2012 proses sertifikasi akan mengalami perubahan. Guru sebagai peserta sertifikasi akan menjalani ujian tulis sebelum mengikuti seleksi portofolio atau Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Sebelum proses sertifikasi dengan pola PLPG atau portofolio, calon peserta terlebih dahulu akan dites melalui uji kompetensi awal. Pelaksanaan ujian awal tersebut dilaksanakan secara online dan diperkirakan berlangsung pada Januari 2012.
 Semua soal dalam ujian awal ini dikendalikan langsung sepenuhnya dari pusat, begitupula penentuan kelulusannya. Calon peserta yang lulus pada ujian awal tersebut, selanjutnya bisa mengikuti proses sertifikasi dengan pola PLPG. Sedangkan, yang tidak lulus terpaksa harus berhenti untuk diusulkan pada periode sertifikasi berikutnya.
Adapun saat ini, data online NUPTK para guru sudah final, tetapi LPMP dan Dinas Pendidikan masih diberi kesempatan untuk melakukan revisi data yang keliru hingga bulan Desember 2011. Diharapkan Januari 2012 data sudah final dan sudah dikirim ke LPTK.
Dalam Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008, Pasal 12 ayat (5) dinyatakan  bahwa  peserta  sertifikasi melalui  penilaian  portofolio yang belum mencapai persyaratan uji kompetensi untuk memperoleh Sertifikat Pendidik diberi kesempatan untuk: (a) melengkapi persyaratan portofolio, atau (b) mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) yang diakhiri dengan uji kompetensi.
Kisi-kisi uji tulis PLPG disusun oleh tim yang terdiri dari para dosen yang  mewakili  seluruh rayon LPTK. Kisi-kisi uji tulis PLPG merupakan acuan bagi rayon LPTK dalam menyusun bahan ajar dan pembuatan soal uji  tulis PLPG. Dengan kisi-kisi, diharapkan dapat mendorong pembelajaran yang mengaplikasikan prinsip student center dengan menggunakan multi media dan multi metode yang berbasis pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM).
Materi ujian tulis terdiri dari tiga (3) komponen, yakni:
  1. Pengembangan profesionalisme guru, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan Karya Tulis Ilmiah (KTI).
  2. Pedagogik yang terkait dengan mata pelajaran,  dan
  3. Kompetensi profesional atau penguasaan mata pelajaran/bidang keahlian.
Secara berturut-turut, proporsi dari ketiga komponen itu adalah 30% (60 menit), 20% (40 menit), dan 50% (100 menit).
Dikarenakan, banyaknya pesan yang masuk dan meminta agar meng-upload kisi2 ujian tulis PLPG, maka berikut beberapa kisi2 yang dapat bapak ibu download:
Catatan: Bagi rekan2 yang punya kisi-kisi mata pelajaran lain, harap bisa membagi filenya kepada teman2 yang lain dengan cara menuliskan tautannya pada kolom komentar. Terimakasih.
*sumber "http://herdy07.wordpress.com"

No comments:

Post a Comment